Kamis

Games Outbound

Team Building Games : Straw Castel

Games ini dapat juga menjadikan “LGD” (Leaderless Group Discussion) karena dalam games ini diperlukan perencanaan dan strategi serta pembagian tugas. Komunikasi dan inisiatif juga dapat diamati dalam games ini. Fasilitator outbound eagle hill mesti cermat dalam mengobservasi dan mencatat hal – hal penting untuk didiskusikan dalam debrief.

Games ini dapat dimainkan di dalam ruangan. Alat yang diperlukan hanyalah 3 – 5 bungkus sedotan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 6 – 10 orang.

Instruksi dan petunjuk permainan :

ü Berbekal sedotan yang ada, setiap kelompok diminta membuat sebuah istana yang indah dan kokoh.

ü Lama waktunya ditentukan oleh fasilitator, bias 15 – 30 menit, tergantung jumlah sedotan yang akan diberkan kepada kelompok.

Larangan :

Ø Mereka tidak boleh menggunakan alat bantu yang lain

Target :

Pemenangnya adalah kelompok yang dapat membuat istana paling bagus dan paling kokoh. Uji konstruksi dapat dilakukan untuk melihat kekokohan

Variasi :

v Sebagai variasi, dapat juga digunakan sedotan yang berbeda – beda warna diantara kelompok – kelompok yang ada, dan mereka diijinkan untuk saling barter, untuk membuat bangunannya lebih indah. Biasanya dinamika didalam interaksi antar kelompok menjadi lebih menarik.

v Jika memungkinkan sediakan hadiah bagi pemenang agar dapat lebih memeriahkan suasana.

Tool :

· 3 – 5 bungkus sedotan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 6 – 10 orang.

Team Building Games : LOG LINE

Pendahuluan dan Persiapan :

Permainan ini dimainkan di luar ruangan menggunakan sebuah balok kayu yang dibuat sedemikian rupa agar tidak bergerak. Panjang balok terebut 1,5 hingga 2 meter, dan sebaiknya yang agak besar agar agak tinggi dari permukaan tanah ketika dinaiki oleh peserta. Peserta yang akan bermain terdiri dari 6 – 10 orang, tergantung besar dan panjang balok.

Instruksi dan petunjuk permainan :

ü Pada awal permainan, kita minta seluruh anggota kelompok untuk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar tidak terjatuh dari balok ataupun menginjak tanah.

ü Setelah semua naik diatas balok, kita mulai member instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir.

ü Para peserta harus mengatur barisan diatas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yang paling kecil ke angka yang paling besar.

ü Fasilitator menentukan mana yang menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik.

Larangan :

Ø Jika terjatuh pada salah satu tugas,maka dianggap gugur dan dilanjutkan dengan tugas kedua dan seterusnya.

Variasi :

v Bisa saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll.

v Permainan ini dimainkan di luar ruang.

Team Building Games : Magic Stick

outbound games eagle hill bogor mega mendung puncak

Cara bermain :

o Aktifitas kelompok yang sederhana dan menipu, tapi merupakan permainan yang memiliki kekuatan untuk mengajarkan cara bekerja sama dan berkomunikasi dalam kelompok berukuran kecil hingga sedang.

o Bagi kelompok kedalam dua barisan yang saling berhadapan satu sama lain

o Perkenalkan Helium Stick/batang bamboo yang panjang, tipis & ringan.

o Minta para peserta untuk mengulurkan jari telunjuk mereka dan merentangkan tangan ke depan

o Letakkan sebuah batang bamboo (Stick) diatas jari telunjuk semua peserta. Minta para anggota kelompok menyamakan tinggi jari tangan mereka hingga Stick nya terentang lurus (horizontal) dan semua telunjuk menyentuh stick.

o Jelaskan bahwa tantangannya adalah untuk menurunkan Stick yang terentang diatas jari – jari mereka hingga ke tanah.

o Jari telunjuk tiap orang harus tetap menyentuh Stick selama permainan berlangsung. Peserta dilarang menjepit atau memegang Stick. Stick harus terbaring lurus diatas jari – jari telunjuk semua peserta.

o Selalu ingatkan para peserta bahwa jika ada satu jari telunjuk yang tertangkap tidak menyentuh Stick, permainan akan diulang. Mulailah permainan…….

o Peringatan : Khususnya di stage awal permainan, Stick memiliki kebiasaan misterius untuk ‘melayang’ keatas bukan ke bawah, mengundang banyak tawa. Melontarkan sedikit lelucon akan membantu anda – misal, pura – pura kaget dan tanya peserta apa yang sedang mereka lakukan, mengapa Stick diangkat keatas dan bukan diturunkan seperti instruksi yang diberikan. Untuk mendramatisir.

o Pada awal permainan para peserta dapat merasa binggung menghadapi sifat paradox Stick yang tipis dan ringan.

o Beberapa kelompok atau beberapa peserta (kebanyakan terjadi pada kelompok besar) setelah 5 sampai 10 menit mencoba dapat condong untuk menyerah, karena merasa tantangan tersebut tidak mungkin bisa atau terlalu sulit dilakukan.

o Fasilitator dapat memberikan saran secara langsung atau minta peserta menghentikan permainan, mendiskusikan strategi dan mulai bermain kembali.

o Kadang ada kelompok yang berhasil dengan sangat cepat. Awasi dengan ketat jangan sampai ada jari yang tidak menyentuh Stick. Pastikan juga para peserta menurunkan Stick hingga benar – benar menyentuh tanah. Anda dapat menambahkan tingkat kesulitan dengan memasukkan ring di setiap ujung Stick dan berikan keterangan kepada para peserta bahwa ring – ring tersebut tidak boleh sampai jatuh selama permainan berlangsung atau permainan akan diulang dari awal.

o Pada akhirnya kelompok tersebut perlu menenangkan diri dan berkonsentrasi, dan dengan sangat pelan, dan dengan kesabaran tinggi mereka akan dapat menurunkan Stick lebih sulit dari yang anda bayangkan.

Bagaimana cara kerjanya?

ü Rahasianya adalah (simpan hanya untuk anda) bahwa tekanan kolektif keatas yang dihasilkan oleh jari telunjuk setiap orang cenderung lebih besar daripada berat Stick. Hasilnya, makin keras mereka mencoba menurunkannya, Stick tersebut akan cenderung makin ‘melayang’ ke atas.

Goal :

Ø Turunkan ke tanah

Memperoses Ide

  • Bagaimana reaksi awal yang diberikan kelompok tersebut?
  • Sebaik apa kelompok tersebut dapat mengatasi tantangan ini?
  • Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan sebuah kelompok?
  • Solusi kreatif apa saja yang muncul dan bagaimana saran – saran tersebut diterima oleh yang lain?
  • Apa yang akan dilihat oleh seorang

Peralatan :

· Bambu yang tipis & ringan, 10 kaki, dengan activity guide & facilitation notes

Besar Kelompok :

v Idealnya terdiri dari 8 – 10 orang tapi dapat dilakukan oleh 6 – 14 peserta

Waktu :

Total Waktu ~ 25 menit

Ø ~ 5 menit Briefing dan persiapan

Ø ~ 10 – 15 menit Problem solving aktif (sampai berhasil)

Ø
~ 10 menit diskusi


0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

palang merah indonesia